5 Langkah Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

DOWNLOAD

Jasa Konten Instagram Bogor WA : +62 852-8022-9200 Jika Anda memiliki bakat membuat aplikasi berbasis mobile seperti Android, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan usaha online harus memiliki perangkat komputer/ mobile dan koneksi internet. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantab ketika hendak bertransaksi dengan kita. Anda bisa menyiapkan uang 150 ribu untuk sewa hosting, dan 100 ribu untuk membeli nama domain (total biasanya kisaran 250 – 350 ribu). Ada banyak faktor penentu, di antaranya tidak ada biaya sewa tempat atau pengeluaran untuk membayar pegawai menjadikan profit usaha semakin tinggi lagi. Banyak yang berlomba-lomba mendapatkan nama domain strategis. Hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain Anda dan file-file pembentuk website. Nantinya ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, dan mulai ada pemasukan, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade menggunakan domain dan hosting berbayar. Meskipun menggunakan website gratisan kadang dianggap kurang profesional, tetapi cara ini masih cukup lumayan untuk tahap awal.

Untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak memerlukan kapasitas hosting yang terlalu besar. Cara ini mengharuskan kita menggunakan domain dan hosting sendiri. Duh, menggunakan domain dan hosting sendiri memerlukan biaya, dan saya masih ragu untuk menggunakannya… Anda bisa menggunakan data-data yang sudah didapatkan di langkah-langkah sebelumnya untuk menentukan karakteristik umum calon konsumen Anda. Apabila Anda masih bingung, jangan khawatir, silahkan baca kumpulan tips cara membuat website di blog ini. Sewaktu masih duduk di bangku sekolah & kuliah, saya kenal dengan banyak teman yang ingin menjadi pengusaha setelah menyelesaikan pendidikan. Banyak korporasi yang mencari tenaga ahli untuk membangun website mereka. Selain membangun brand, anda juga sebaiknya mengurus perihal HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dari brand anda. Jadi harus diingat, domain dan hosting merupakan satu kesatuan, dan tidak bisa dipisahkan untuk membangun sebuah website. Artinya, kita harus mencari nama domain untuk alamat website kita, dan kemudian menyewa hosting untuk digabungkan dengan domain tersebut. Target utama dari pemanfaatan website kita, adalah terjadinya kontak pertama dengan calon konsumen. Tugas dari seorang list building adalah mengumpulkan kontak seperti email, WhatsApp maupun kontak lainnya yang bisa menjadi media untuk promosi. Bisnis online tidak menemukan kesulitan untuk melakukan kontak dengan pelanggan melalui telepon, email, twitter, facebook, dan sebagainya.

Selanjutnya, jika Anda ingin lebih serius, dan cashflow sudah ada, serta omzet bulanan sudah cukup besar, bisa mulai berinvestasi dengan membuat website sendiri. Sepengetahuan saya, ada beberapa penyedia blog gratisan yang sudah cukup terkenal, diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi. Anda bisa lihat, ada embel-embel nama penyedia fasilitas website gratisan tersebut. Karena kita bisa memanfaatkan fasilitas pembuatan logo di Canva. Jadi kalau kita pasang status di situs social media, forum, dll, kan jadi lebih keren kalau di bagian bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita. Semoga penjelasan di atas bisa jadi bahan belajar bisnis online gratis yang bermanfaat buat Anda. Siapkan jenis karya Anda dan daftar Patreon. Untuk dunia profesional ini, kamu bisa mencantumkan daftar kesuksesanmu itu di LinkedIn. Selanjutnya, itu terserah Anda. Kabar baiknya Anda masih bisa membuat website secara gratis. Solusinya, jika Anda masih tetap ingin membuat website bisnis yang profesional dan mungkin juga dengan nama domain sendiri, Anda bisa meng-outsource-kan ke penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet. Th is art᠎ic le was created by G SA Conte nt​ G enerator  Demover sion .

Nah, proses inilah yang dilakukan oleh sistem, sehingga ketika si owner ingin jalan-jalan atau memutuskan tidak ingin aktif lagi di usaha yang sudah dia rintis, bisnis itu masih tetap bisa jalan. Bagaimana, masih mau lanjut? Mungkin ada beberapa dari Anda yang merasa masih kesulitan untuk membuat website, ataupun belum ada waktu untuk belajar membuat website sendiri. Namun ingat, nama domain hanya berlaku untuk setahun, jadi tahun depan jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus melakukan perpanjangan. Saya sudah menggunakannya hampir 2 tahun ini. Ohya, seperti yang tadi saya singgung di “Langkah Ketiga – Membuat Website”. Nah, Anda juga bisa turut memanfaatkan ide bisnis online ini dengan membuat kursus berbayar atau memulai website e-learning. Kemudian, Anda juga bisa mulai memajang produk maupun jasa Anda di situs-situs direktori bisnis, situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs marketplace seperti Bukalapak – Tokopedia – OLX, dll. Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya. Apa yang dikeluhkan pelanggan dari produk kompetitor? Seperti apa? Akan saya bahas singkat disini. Seperti apa foto produk mereka?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *